RPP Bahasa Jawa ( 1 lembar ) Kls 8 semester gasal


        RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 2 Todanan
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : VIII / Ganjil
Materi Pokok           : Teks cerita legendha
Alokasi Waktu         : 4 JP (2 kali pertemuan )
Tahun Pelajaran         : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
Memahami teks cerita legendha. dan menyampaikan nilai positif dari Teks dengaran naratif tentang peristiwa.
2.      Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
Menanggapi isi teks cerita legendha dan menuliskan ringkasan bacaan
dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
1.    Guru memperdengarkan teks cerita legendha, peserta didik mendengarkan teks cerita legendha (mengamati)
2.  Guru memberi  kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan (menanya)
3.  Guru membimbing peserta didik dalam mendiskusikan isi teks dan menuliskan isi wacana  yang didengar. (mengumpulkan informasi)
4.  Peserta didik berdiskusi tentang teknik untuk mengungkapkan isi wacana yang didengar . (mengasosiasi)
5.   Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan isi wacana, peserta didik mengemukakan pendapat secara lisan isi teks naratif yang didengar dan menuliskan isi wacana tersebut ( mengkomunikasikan)
Pertemuan ke 2
1.  Guru membagikan teks cerita legendha, peserta didik membaca  teks cerita legendha. (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, peserta didik bertanya jawab tentang kata-kata  sulit yang terdapat pada teks naratif. (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi cara membuat ringkasan, teknik menceritakan kembali isi wacana, dan teknik membuat tanggapan isi bacaan, peserta didik berdiskusi tentang cara membuat ringkasan bacaan. (mengumpulkan informasi)
4.      Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik dalam  menulis ringkasan bacaan dan pokok-pokok isi bacaan, perserta didik berlatih menulis pokok-pokok isi bacaan. (mengasosiasi)
5.      Peserta didik menuliskan ringkasan bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan.
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                Todanan,  Juli 2020
Mengetahui
           Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



         Nur Rohmat,S.Pd                                                                  Budi Arianto, S.Pd
         NIP. 19631223 198803 1 003                                               NIP. 19760905 200903 1 004

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri Todanan
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : VIII / Ganjil
Materi Pokok           : Teks Piwulang Pupuh Gambuh
Alokasi Waktu         : 4 JP (2 kali pertemuan )
Tahun Pelajaran        : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan discovery learning  peserta didik diharapkan dapat :
     Mengartikan kata-kata yang dianggap sulit, menjawab pertanyaan tentang isi teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Gambuh).
2.       Pertemuan 2 Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
Mendiskusikan nasihat  yang terdapat teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Gambuh), menuliskan isi teks Piwulang , memberikan tanggapan atau komentar secara tertulis tentang  isi teks Piwulang , menyampaikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks Piwulang dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

 Pertemuan ke 1
1.      Guru memberikan teks Serat wulangreh pupuh Gambuh , peserta didik membaca teks piwulang tersebut (mengamati)
2.      Guru memberi  kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan (menanya)
3.      Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan    yang terdapat dalam teks “Serat Wulangreh Pupuh Gambuh. (mengumpulkan informasi)
4.      Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengartikan kata-kata sulit dalam tembang, mencari isi tembang dan menentukan piwulang luhur dari tembang untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh. (mengasosiasi)
5.      Guru memberikan kesempatan peserta didik beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan.(mengkomunikasikan)
Pertemuan ke 2
1.   Guru memberikan tayangan video tentang “Serat Wulangreh Pupuh Gambuh dan mengaitkan materi Serat Wulangreh Pupuh Gambuh yang diajarkan sebelumnya. (mengamati)
2. Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, peserta didik bertanya jawab tentang isi teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Gambuh). (menanya)
3. Siswa mendiskusikan nasihat  yang terdapat teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Gambuh). (mengumpulkan informasi)
4.      Siswa menuliskan isi teks Piwulang. (mengasosiasi)
5.      Peserta didik iswa dapat menyampaikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Gambuh) (mengkomunikasikan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                        Todanan,  Juli  2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran




          Nur Rohmat,S.Pd                                                                   Budi Arianto, S.Pd
         NIP. 19631223 198803 1 003                                                 NIP. 19760905 200903 1 004

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 2 Todanan
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : VIII / Ganjil
Materi Pokok           : Teks Berita
Alokasi Waktu         : 2 x Pertemuan
Tahun Pelajaran         : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami teks berita  dan menyampaikan nilai positif dari wacana
Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
2.      Menanggapi isi teks berita dan menuliskan ringkasan bacaan
dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
             1.    Guru memberikan teks berita, peserta didik membaca teks berita tersebut (mengamati)
2.      Guru memberi  kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam menuliskan isi berita, peserta didik mengungkapkan pesan yang tersirat dalam cerita secara tertulis . (mengumpulkan informasi)
4.      Peserta didik berdiskusi tentang teknik untuk menuliskan berita (mengasosiasi)
5.      Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan isi berita, peserta didik mengemukakan pendapat secara tertulis dan  menuliskan isi wacana tersebut ( mengkomunikasikan)
Pertemuan ke 2
1.      Guru membagikan teks berita, peserta didik membaca  teks tersebut. (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, peserta didik bertanya jawab tentang kata-kata  sulit yang terdapat pada teks berita (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi cara membuat ringkasan tentang teks berita. (mengumpulkan informasi)
4.      Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik dalam  menulis dan meringkas isi  berita. (mengasosiasi)
5.      Peserta didik menuliskan ringkasan bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan. (mengkomunikasikan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                        Todanan,  Juli 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran





         Nur Rohmat,S.Pd                                                                   Budi Arianto, S.Pd
        NIP. 19631223 198803 1 003                                                 NIP. 19760905 200903 1 004

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 2 Todanan
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : VIII / Ganjil
Materi Pokok           : Teks wacana yang berisi pesan/iklan
Alokasi Waktu         : 2 x Pertemuan
Tahun Pelajaran        : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
1.      Memahami teks wacana yang berisi pesan/iklan  dan menyampaikan nilai positif dari teks wacana tersebut.
Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
2.      Menulis pesan/iklan dan menceritakan kembali dan menanggapi pesan /iklan tersebut.
dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
1.      Peserta didik membaca wacana yang berisi pesan/iklan  (mengamati)
2.      Guru memberi  kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam menuliskan isi wacana pesan/iklan, peserta didik menuliskan isi wacana yang didengar. (mengumpulkan informasi)
4.      Peserta didik berlatih menulis pokok-pokok isi pesan/iklan. (mengasosiasi)
5.      Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menceritakan kembali isi wacana tersebut dan menanggapi pesan/iklan yang didengar ( mengkomunikasikan)

Pertemuan ke 2
1.      Guru membagikan teks wacana yang berisi pesan/iklan yang berbeda, peserta didik Peserta didik membaca teks wacana yang berisi pesan/iklan tersebut. (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, peserta didik bertanya jawab bertanya jawab tentang isi teks wacana yang berisi pesan/iklan yang dibaca. (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam menganalisis unsur pesan/iklan tersebut. (mengumpulkan informasi)
4.      Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik mencatat pokok-pokok isi cerita wacana yang berisi pesan/iklan dan menceritakan kembali pesan/iklan yang didengar. (mengasosiasi)
5.      Peserta didik menanggapi pesan/iklan yang didengarkan dalam ragam krama (mengkomunikasikan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                 Todanan,  Juli 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran





         Nur Rohmat,S.Pd                                                               Budi Arianto, S.Pd
        NIP. 19631223 198803 1 003                                             NIP. 19760905 200903 1 004

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 2 Todanan
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : VIII / Ganjil
Materi Pokok           : Mengalih aksaran Tembang Gambuh
Alokasi Waktu         : 2 x Pertemuan
Tahun Pelajaran        : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
1.      Membaca nyaring  dan menulis wacana berhuruf Jawa 1 paragraf.
Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
2.      Menyalin teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan ke huruf latin
dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
1.      Peserta didik menyimak berhuruf Jawa di buku atau di power point.  (mengamati)
2.   Guru memberi  kesempatan peserta didik bertanya jawab tentang penerapan sandhangan dan pasangan (menanya)
3. Peserta didik berdiskusi tentang cara membaca wacana berhuruf Jawa (mengumpulkan informasi)
4.      Peserta didik mencoba membaca kalimat dan teks berhuruf Jawa (mengasosiasi)
5.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mencoba membaca kalimat dan teks berhuruf Jawa ( mengkomunikasikan)

Pertemuan ke 2
1.   Guru memberikan contoh teks, peserta didik mengamati contoh alihaksara sebuah teks yang diberikan guru melalui papan tulis atau LCD (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik bertanya jawab tentang menanyakan perbedaan tata tulis huruf Jawa dan Latin. (menanya)
3.     Guru membimbing Peserta didik mengumpulkan data tentang cara menulis kalimat dan teks berhuruf Jawa melalui diskusi dengan disiplin, jujur, dan saling menghargai (mengumpulkan informasi)
4. Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik Menganalisis cara mengalihaksarakan bacaan berhuruf Jawa (mengasosiasi)
5.    Peserta didik menyajikan hasil alih aksara sebuah teks berhuruf Jawa (mengkomunikasikan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                    Todanan,  Juli  2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran




        Nur Rohmat,S.Pd                                                                    Budi Arianto, S.Pd
       NIP. 19631223 198803 1 003                                                  NIP. 19760905 200903 1 004

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemahan Serat Wulangreh Pupuh Pangkur

Terjemahan Serat Wulangreh Pupuh Gambuh

Tembung-tembung Dasa Nama Lengkap