RPP Bahasa Jawa ( 1 lembar ) Kelas 9 Semester Gasal


      RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SM
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : IX / Ganjil
Materi Pokok           : Teks Cerita Ramayana Anoman Dhuta.
Alokasi Waktu         : 4 JP (2 kali pertemuan )
Tahun Pelajaran         : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
Memahami cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta. dan menyampaikan nilai positif dari cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta.
2.      Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
Menanggapi isi cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta,  dan menuliskan ringkasan bacaan
dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
1.  Peserta didik Peserta didik membaca cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta. (mengamati)
2.  Guru memberi  kesempatan peserta didik bertanya jawab tentang kata-kata yang dianggap sulit yang terdapat dalam bacaan Anoman Dhuta  (menanya)
3.  Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi membahas isi teks cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta. (mengumpulkan informasi)
4.  Peserta didik berlatih menulis pokok-pokok isi cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta  (mengasosiasi)
5. Guru memberikan kesempatan peserta didik mengungkapkan pokok-pokok isi cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta secara lisan per kelompok dalam ragam bahasa krama ( mengkomunikasikan)

Pertemuan ke 2
1.      Peserta didik membaca pemahaman teks cerita wayang Ramayana. (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mewakili kelompoknya mengajukan dan menjawab pertanyaan kepada kelompok lain tentang isi bacaan Anoman Dhuta . (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi dengan kelompoknya dalam menyusun tugas membuat pertanyaan dan jawaban sejumlah 10 buah yang berkaitan dengan bacaan Anoman Dhuta. (mengumpulkan informasi)
4.      Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik menulis pertanyaan dan jawaban kelompoknya yang berkaitan dengan bacaan Anoman Dhuta. (mengasosiasi)
5.      Kelompok lain menyampaikan tanggapan secara lisan  tentang isi bacaan Anoman Dhuta yang disampaikan dengan ragam bahasa krama.(mengkomunikasikan)
6.      Peserta didik Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat pertanyaan dan jawaban berdasarkan cerita wayang Ramayana lakon Anoman Dhuta. (menciptakan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                    , Juli  2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                            Guru Mata Pelajaran




          --------------------------                                                       ----------------------------
         NIP.                                                                                     NIP.       

                                            RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP 
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : IX / Ganjil
Materi Pokok           : Teks Piwulang Pupuh Dhandhanggula
Alokasi Waktu         : 4 JP (2 kali pertemuan )
Tahun Pelajaran        : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan discovery learning  peserta didik diharapkan dapat :
     Menelaah teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula.
2.       Pertemuan 2 Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
Mendiskusikan nasihat  yang terdapat teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula), menuliskan isi teks Piwulang Serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula , memberikan tanggapan atau komentar secara tertulis tentang  isi teks Piwulang , menyampaikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks Piwulang dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

 Pertemuan ke 1
1.      Guru memberikan teks Serat wulangreh pupuh Dhandhanggula , peserta didik membaca teks piwulang tersebut (mengamati)
2.      Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan (menanya)
3.      Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengartikan kata-kata sulit dalam tembang, mencari isi tembang dan menentukan piwulang luhur dari tembang untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh. (mengumpulkan informasi)
4.      Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula. (mengasosiasi)
5.      Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan.(mengkomunikasikan)
Pertemuan ke 2
1.      Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah mencari pedoman penulisan tembang macapat pupuh Dhandhanggula dan arti tembang. (mengamati)
2.      Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana cara menemukan pedoman penulisan serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula dan arti tembang dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya. (menanya)
3.      Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah mencari pedoman penulisan tembang macapat pupuh Dhandhanggula dan arti tembang. (mengumpulkan informasi)
4.      Siswa menuliskan isi teks Piwulang serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula. (mengasosiasi)
5.      Peserta didik iswa dapat menyampaikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks Piwulang (Serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula (mengkomunikasikan)
6.      Peserta didik dapat menulis syair tembang macapat Dhandhanggula. (mencipta)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                        ,  Juli  2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran




          --------------------------                                                             ----------------------------------
         NIP.                                                NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP 
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : IX / Ganjil
Materi Pokok           : Wacana dialog sandiwara berbahasa jawa
Alokasi Waktu         : 2 x Pertemuan
Tahun Pelajaran        : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
Ø  Menelaah Naskah Sandiwara dan menyampaikan nilai positif dari wacana dialog sandiwara berbahasa Jawa.
Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
Ø  Menulis dan menyajikan naskah  sandiwara.
dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
1.      Peserta didik memperhatikan sandiwara berbahasa jawa yang di bawakan teman di depan kelas (mengamati)
2.      Dengan santun dan dengan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar, siswa bertanya tentang hal – hal yang berhubungan dengan isi sandiwara berbahasa jawa (menanya)
3.      Guru Peserta didik berdiskusi membahas isi sandiwara berbahasa jawa yang berjudul “ Anak Polah Bapa Kepradah “ (mengumpulkan informasi)
4.      Peserta didik berlatih menuliskan pokok – pokok isi cerita sandiwara berbahasa jawa yang berjudul “ Anak Polah Bapa Kepradah “ (mengasosiasi)
5.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengungkapkan pokok – pokok isi cerita sandiwara  berbahasa jawa, membetulkan ragam bahasa yang kurang benar dari cerita sandiwara berbahasa jawa dan kelompok lain menanggapi dengan sopan ( mengkomunikasikan)
Pertemuan ke 2
1.      Peserta didik memperhatikan sandiwara berbahasa jawa yang di  (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik Peserta didik bertanya jawab tentang unsur – unsur yang di butuhkan untuk membuat naskah sandiwara berbahasa jawa. (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi, peserta didik berdiskusi tentang isi sandiwara berbahasa jawa yang akan di buat bersama kelompoknya dan menuliskan pokok-pokok sandiwara berbahasa Jawa (mengumpulkan informasi)
4.      Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik dalam membuat naskah sandiwara berbahasa jawa bersama kelompoknya. (mengasosiasi)
5.      Peserta didik membacakan naskah sandiwara berbahasa jawa yang telah dibuat dengan kelompoknya di depan kelas dan peserta didik menyampaikan tanggapan tentang naskah sandiwara berbahasa jawa yang dibuat teman (mengkomunikasikan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                       ,  Juli 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran




-------------------------------------                                                        ----------------------------                     
           NIP.                                                                                          NIP.


     RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP 
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : IX / Ganjil
Materi Pokok           : Teks deskripsi tentang upacara adat
Alokasi Waktu         : 2 x Pertemuan
Tahun Pelajaran         : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
·         Memahami teks  upacara adat Jawa  dan menuliskan  isi teks  upacara adat Jawa.

Pertemuan 2 discovery learning peserta didik diharapkan dapat :
·         Menanggapi teks upacara adat Jawa, menuliskan pokok-pokok teks upacara adat dan menyampaikan secara lisan pokok-pokok teks upacara adat Jawa dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan ke 1
1.      Guru membagikan teks upacara adat Jawa, Peserta didik membaca pemahaman teks tatacara/ upacara adat (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi bacaan upacara adat. (menanya)
3.      Guru membimbing Peserta didik berdiskusi menyusun pokok-pokok peristiwa upacara adat. (mengumpulkan informasi)
4.      Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik berlatih menyusun urutan peristiwa . upacara adat dan peserta didik berlatih mengembangkan kerangka karangan tentang upacara adat (mengasosiasi)
5.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan  adat Jawa secara tertulis ( mengkomunikasikan)

Pertemuan ke 2
1.      Peserta didik mengamati peristiwa upacara adat (mengamati)
2.      Guru memberikan kesempatan peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang pokok –pokok peristiwa.upacara adat (menanya)
3.      Guru membimbing peserta didik berdiskusi tentang pokok-pokok isi bacaan (mengumpulkan informasi)
4.    Guru mengamati dan memberi bimbingan kepada peserta didik berlatih menyusun pokok-pokok isi bacaan. (mengasosiasi)
5.   Peserta didik menulis teks deskripsi tentang upacara adat  yang dilihat (mengkomunikasikan)
Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                       ,  Juli  2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                  Guru Mata Pelajaran




------------------------------                                                               ------------------------
            NIP.                                                                                      NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP 
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester      : IX / Ganjil
Materi Pokok           : Mengalih aksarakan Syair tembang  Dhandhanggula.
Alokasi Waktu         : 1 x Pertemuan (2 x 40 menit)
Tahun Pelajaran        : 2020/ 2021

Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat :
1.      Mengalihaksarakan syair tembang macapat Dhandhanggula karangan sendiri dari huruf Latin ke huruf Jawa dengan rasa  ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Kegiatan Pembelajaran

1.      Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli dan santun siswa peserta didik membaca syair tembang macapat karangan sendiri berhuruf Latin (mengamati)
2.      Guru memberi  kesempatan peserta didik Dengan santun dan menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar, siswa  bertanya jawab tentang pengalihaksarakan teks dari huruf Latin ke huruf Jawa (menanya)
3. Peserta didik berdiskusi membahas cara mengalihaksarakan syair tembang macapat Dhandhanggula dari huruf Latin ke Jawa (mengumpulkan informasi)
4.    Peserta didik berlatih mengalihaksarakan syair tembang macapat Dhandhanggula dari huruf Latin (mengasosiasi)
5. Guru memberikan kesempatan peserta didik menampilkan hasil mengalihaksarakan syair tembang macapat Dhandhanggula dari huruf Latin ke Jawa kepada teman-teman sekelasnya ( mengkomunikasikan)


Penilaian
·         Sikap (Menggunakan teknik observasi dan bentuk instrument berupa lembar pengamatan)
·         Pengetahuan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan penugasan, sedangkan bentuk instrument berupa LKPD dan soal uraian)
·         Keterampilan (Menggunakan Teknik tes tertulis dan bentuk instrumennya adalah soal uraian.



                                                                                                                 ,  Juli  2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran






        -------------------------                                                            --------------------------
        NIP.                                                                                      NIP. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemahan Serat Wulangreh Pupuh Pangkur

Tembung-tembung Dasa Nama Lengkap

Terjemahan Serat Wulangreh Pupuh Gambuh